Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Makanan Sepinggan’ Category

Lasagna


Lasagna


Anak-anak doyan sama penganan satu ini. Jika bentuknya pasta semacam ini, isian adalah suatu yang mestinya bebas merdeka :) Tak ada sesuatu yang salah dengan isian jika kita ingin mengkreasikan dengan apapun. Biasanya pertanyaan yang sering muncul seputar lasagna adalah pasta / lembaran lasagna antar isian yang kering/mentah.

Di pasaran terdapat berbagai macam merek lembaran pasta lasagna yang siap pakai. Bentuknya keras layaknya pasta lainnya (macaroni, spagheti, penne, fusilli, angel hair dll) yang biasanya dimasak dengan merebusnya dahulu. Inilah yang sering membuat ragu penggunanya.

Apakah lembaran pasta kering mesti direbus dahulu sebelum disusun lembar demi lembarnya dan diisi saus dagingnya ?
tidak perlu … :-)
Apakah bisa masak ?
tentu saja, asal cukup cairan yang bisa membuatnya masak.
Cairan ??
Yup cairan…

Saat kita menyusun lembaran-lembaran lasagna, diantara lembaran tersebut kita beri filling.
Bisa daging bolognaise, atau bentuk isian lain… be creative!
Dan saus dari filling tadi ikut berperan melunakkan lembar lasagna kering tadi dalam oven.
Selain itu, ada satu bahan lagi yang berperan dalam “melunakkan” lembar lasagna ini, yang biasa dipakai adalah bechamel sauce.

Apa itu bechamel sauce ? Saus putih kental yang berbahan dasar susu, terigu, dan butter yang dibumbui.
Jika ingin lasagnanya milky dan ngeju habis, mungkin filling dagingnya tidak berkuah-kuah, namun diimbangi dengan sumber cairan lain yang cukup, ya bechamel sauce ini :)

Susunan layeringnya :
1. Tuang bechamel sauce tipis merata di pinggan
2. Susun lembar pasta lasagna diatasnya.
3. Bisa diulang dengan bechamel sauce diikuti saus daging
4. Parut keju diatasnya (bisa mozarella, cheddar, parmesan, atau apapun sesuai selera)
5. Ulangi nomor 1 sd 4 hingga sesukanya/adonan habis.
6. Lapisan teratas adalah bechamel sauce, dan sedikit adonan isi untuk memberi aksen :)

Berikut resep bechamel sauce yang biasa saya buat :

Bahan :
900 cc susu cair
50 gr terigu
50 gr butter
garam
1 sdt pala bubuk
bay leave

Cara Membuat :

1. Panaskan susu bersama bay leaves, masukkan pala bubuk
2. Di kompor lainnya panaskan butter hingga cair, masukkan terigu, aduk-aduk hingga terigu matang
3. Tuang susu panas sedikit demi sedikit sambil diaduk antaranya.
4. Masukkan garam dan rasakan, matikan saat sauce meletup letup

Isian Lasagna bisa menggunakan saus spaghetti, namun saya lebih banyak memasukkan beragam sayuran ke dalamnya (berbagai macam paprika, bawang bombay, daging tomat, wortel, dan batang seledri besar)

Selamat mencoba :)

Psssttt, jangan terburu menikmati begitu keluar dari oven… Biarkan 15 menit – 20 menit setelah dikeluarkan dari ovenm agar pasta menjadi set dan masih cukup panas :)
Slurrrppp…

Saya lanjut habiskan yaaaaa
Lasagna Semalam

Btw, kepengen yang lebih ekonomis ? Gimana klo kita buat crepe sebagai pengganti lembar lasagna kering ?
Mengapa tidak ?? Coba yaaa, nanti laporkan!

Read Full Post »

Tahu Campur


Tahu Campur Lamongan

Klo mau mudik ke Surabaya, masih di Pekanbaru, dan masih sebulan sebelumnyapun aku dah mbayangin nyegat Pak Campur *cik nemen-e aku ra weruh jeneng-e tapi ben mulih mbayangno tahu campur-e* :p Pak satu ini wes jiannn, paling mantep tahu campurnya, dan bikin aku kangen terus ngimpi-ngimpi.
Saking top-nya tahu campur ini, aku pernah nekat pesen 50 porsi buat dibawa pulang Balikpapan (saat itu kami masih tinggal di Balikpapan).
Sambil berdialog dengan penjual, “bumbune opo ae to pak ?, uenak puooll pakkk” “iki ngono nggodhog-e daging, otot, tulang nom suwe nganti 6-7 jam mbak, dadi empuk…. Bumbu e bumbu pepek, seladane khusus, aku oleh-e nang pasar Keputran thok, jam 6 isuk wes entek”
(read : apa bumbunya pak ? enak banget nih. Ini rebus daging, tulang muda dan ototnya lama 6-7 jam jadi empuk, bumbunya bumbu lengkap – orang Jatim memaksudkan bumbu lengkap itu lengkuas, kunyit, salam, sereh, daun jeruk, ketumbar, jintan Seladanya khusus dibeli di Pasar Keputran,pasar lain gak ada dan cepat sekali habis sekitar jam 6)
Yang nekat aku bungkus : kuah dan dagingnya, petisnya, dan perkedel singkongnya :-D Daging dkk aku saring dari kuahnya. Bekukan terpisah. Kuah dievaporasi hingga tinggal 1/8nya dan bekukan. Nggilani… saking seringnya kuangennn…
Dan, this is the most ridiculous part : hari yg sibuk, pas bersiap ke bandara, gimana gak ruwet dari baju kotor, oleh-oleh, dan tak lupa tahu campur yg sudah di compressed kami berlima termasuk tiga lelaki kecil yang super duper tingkahnya luar biasa *bisa ngebayangin hebohnya membuat ketiganya mandi, makan, minum suplemen dkk* sampai bandara….. suamiku tersayang yang kubiarin holding ticket biar kepalaku tidak tambah penuh untuk urusan begitu ambil antrian dan aku standby dengan barang bawaan yang bejibun dan trios heboh menunggu… Akhirnya setelah antrian yang berliku liku, ia sampai terdepan. Tapi… lha kok sak nyut-an dah berbalik menghadapku nyengir kuda.
“Pesawatnya baru terbang besok” Mlenggong, ngowoh, sak menit, then GUBRAKSSSS…. Ohhhh aku mesti download baju, susun lagi dannnn jugaaa tahu campurku yg 50 porsi!!!MABOKKKKKKK!!!

Nah, libur lebaran kali ini aku ternyata gak bisa memuaskan hasratku pada Tahu Campur pak Campur *huaaaa* dan aku masih menyimpan infonya dahulu saat aku pesen 50 porsi tahu campur :-D

Selada

Lha kok ndilalah, pas di Swalayan Lucky – Mall Pekanbaru aku dapet selada hidroponik pak Campur! *thrilled*
Jadi semangat untuk meracik ndiri….
Dan ini lah resep alakadarnya ala Etjo

Tahu Campur

Bahan :
4 bh tahu, digarami dan digoreng, iris
Kerupuk udang ukuran kecil, goreng
Daun selada seperti di gambar, iris kasar
100 gr Mie kuning / mie telur
100 gr tauge, siangi, rebus sebentar

Bahan Kuah :
1/2 kg daging tetelan / sandung lamur
1 kg Tulang muda, otot, tulang iga
2 ltr air

Bumbu halus :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 Cabe merah
1 sdt jinten sangrai
1/2 sdm ketumbar sangrai
1/2 cm Kunyit
3 lbr daun jeruk purut
geprak :
1 bh sereh
2 cm lengkuas
garam dan gula untuk memberi rasa

Perkedel Singkong

Bahan Perkedel Singkong :
300 gr Singkong kupas dan parut
1/2 sdt ketumbar sangrai
1/2 cm Kunyit
1/2 ruas jari Kencur
2 lbr daun jeruk
3 siung bawang putih
Garam, secukupnya
1 bh cabe merah

Bahan Sambal Petis :
12 bh Cabai rawit, rebus
3 sdm Petis udang rebus dengan 70cc air hingga mendidih

Cara memasak :
1.Kuah : Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum. Angkat. Rebus daging dengan air hingga daging cukup lunak. Angkat daging, potong-potong lalu masukkan kembali ke dalam kaldu. Masukkan tumisan bumbu halus, daun sereh, lengkuas dan garam, didihkan. Angkat.
2. Perkedel Singkong: Haluskan semua bahan kecuali singkong, daun bawang dan minyak goreng ( untuk bumbu ). Campur bumbu halus dalam parutan singkong, aduk rata, kukus. Panaskan minyak, goreng perkedel singkong yang sudah dingin hingga kecoklatan, angkat.

Cara Menyajikan :
1. Ambil piring saji, letakkan 1 sdm petis dan gerus bersama 2 bh cabe rawit ( atau sesukanya)
Atur diatasnya potongan tahu, perkedel singkong, mie selada dan taoge. Tuangi kuah berdaging secukupnya dan harus dalam kondisi panas-panas. Sajikan dengan sambal petis dan kerupuk.

Sluurrrrrrppppp

Lha kok ndhilalah Indonesian Food Blogger bikin event “Food by Its Country” dan sepertinya cocok klo disetor di event ini, Tahu Campur makanan otentik Indonesia, believe me! :)

Read Full Post »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.